Indikator pencapaian kompetensi keterampilan dikembangkan oleh guru dari KI dan KD dengan memperhatikan perkembangan dan kemampuan setiap peserta didik. Setiap kompetensi dasar dapat dikembangkan menjadi dua atau lebih indikator pencapaian kompetensi keterampilan, hal ini sesuai dengan keluasan dan kedalaman kompetensi dasar tersebut. Indikator-indikator pencapaian hasil belajar dari setiap kompetensi dasar merupakan acuan yang digunakan untuk melakukan penilaian.
Pendidik menilai kompetensi keterampilan melalui penilaian kinerja, yaitu penilaian yang menuntut peserta didik mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu dengan menggunakan Tes Praktik, Projek, dan Penilaian Portofolio.
3) PENILAIAN PORTOFOLIO
Merupakan penilaian yang dilakukan dengancara menilai
kumpulan seluruh karya peserta didik dalambidang tertentu yang bersifat reflektifintegratif
untukmengetahui minat, perkembangan, prestasi, dan/ataukreativitas
peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Karyatersebut dapat berbentuk tindakan
nyata yang mencerminkankepedulian peserta didik terhadap lingkungannya.
Penilaian portofolio merupakan penilaian berkelanjutan yang didasarkan pada
kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik
dalam satu periode tertentu. Informasi tersebut dapat berupa karya peserta didik
atau hasil ulangan dari proses pembelajaran yang dianggap terbaik oleh peserta
didik. Akhir suatu periode hasil karya tersebut dikumpulkan dan dinilai oleh
guru.Berdasarkan informasi perkembangan tersebut, guru dan peserta didik sendiri
dapat menilai perkembangan kemampuan peserta didik dan terus melakukan
perbaikan.
A) Perencanaan Penilaian Portofolio
Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan dalam
merencanakan penilaian portofolio, yaitu ; 1) Menentukan kompetensi dasar (KD) yang akan dinilai pencapaiannya
melalui tugas portofolio pada awal semester dan diinformasikan kepada
peserta didik, 2) Merumuskan tujuan pembelajaran yang akan dinilai pencapaiannya melalui
penilaian portofolio, 3) Menjelaskan tentang tujuan penggunaan, macam dan bentuk serta kriteria
penilaian dari kinerja dan atau hasil karya peserta didik yang akan dijadikan portofolio. Penjelasan disertai contoh portofolio yang telah pernah
dilaksanakan., 4) Menentukan kriteria penilaian. Kriteria penilaian portofolio ditentukan oleh
guru atau guru dan peserta didik, 5) Menentukan format pendokumentasian hasil penilaian portofolio, minimal
memuat topik kegiatan tugas portofolio, tanggal penilaian, dan catatan
pencapaian (tingkat kesempurnaan) portofolio, 6) Menyiapkan map yang diberi identitas: nama peserta didik, kelas/semester,
nama sekolah, nama mata pelajaran, dan tahun ajaran sebagai wadah
pendokumentasian portofolio peserta didik.
B) Pelaksanaan Penilaian Portofolio
Pelaksanaan penilaian portofolio, harus memenuhi beberapa kriteria berikut ; 1) Melaksanakan proses pembelajaran terkait tugas portofolio dan menilainya
pada saat kegiatan tatap muka, tugas terstruktur atau tugas mandiri tidak
terstruktur, disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran dan tujuan
kegiatan pembelajaran, 2) Melakukan penilaian portofolio berdasarkan kriteria penilaian yang telah
ditetapkan atau disepakati bersama dengan peserta didik. Penilaian
portofolio oleh peserta didik bersifat sebagai evaluasi diri, 3) Peserta didik mencatat hasil penilaian portofolionya untuk bahan refleksi
dirinya, 4) Mendokumentasikan hasil penilaian portofolio sesuai format yang telah
ditentukan, 5) Memberi umpan balik terhadap karya peserta didik secara
berkesinambungan dengan cara memberi keterangan kelebihan dan
kekurangan karya tersebut, cara memperbaikinya dan diinformasikan
kepada peserta didik, 6) Memberi identitas (nama dan waktu penyelesaian tugas), mengumpulkan
dan menyimpan portofolio masing-masing dalam satu map atau folder di
rumah masing-masing ataudi loker sekolah, 7) Setelah suatu karya dinilai dan nilainya belum memuaskan, peserta didik
diberi kesempatan untuk memperbaikinya, 8) Membuat “kontrak” atau perjanjian mengenai jangka waktu perbaikan dan
penyerahan karya hasil perbaikan kepada guru, 9) Memamerkan dokumentasi kinerja dan atau hasil karya terbaik portofolio
dengan cara menempel di kelas, 10) Mendokumentasikan dan menyimpan semua portofolio ke dalam map
yang telah diberi identitas masing-masing peserta didik untuk bahan
laporan kepada sekolah dan orang tua peserta didik, 11) Mencantumkan tanggal pembuatan pada setiap bahan informasi
perkembangan peserta didik sehingga dapat terlihat perbedaan kualitas dari
waktu ke waktu untuk bahan laporan kepada sekolah dan atau orang tua
peserta didik, 12) Memberikan nilai akhir portofolio masing-masing peserta didik disertai
umpan balik.
C) Acuan Kualitas Instrumen Penilaian Portofolio
Tugas dan rubrik merupakan instrumen dalam penilaian portofolio. Berikut ini uraian standar tugas dan rubrik pada penilaian portofolio, yaitu ;
(1) Acuan Tugas Penilaian Portofolio
Tugas-tugas untuk pembuatan portofolio harus memenuhi beberapa kriteria
berikut.
(a) Tugas sesuai dengan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
diukur.
(b) Hasil karya peserta didik yang dijadikan portofolio berupa pekerjaan
hasil tes, perilaku peserta didik sehari-hari, hasil tugas terstruktur, dokumentasi aktivitas peserta didik di luar sekolah yang menunjang
kegiatan belajar.
(c) Tugas portofolio memuat aspek judul, tujuan pembelajaran, ruang
lingkup belajar, uraian tugas, kriteria penilaian.
(d) Uraian tugas memuat kegiatan yang melatih peserta didik
mengembangkan kompetensi dalam semua aspek (sikap, pengetahuan,
keterampilan).
(e) Uraian tugas bersifat terbuka, dalam arti mengakomodasi dihasilkannya
portofolio yang beragam isinya.
(f) Kalimat yang digunakan dalam uraian tugas menggunakan bahasa yang
komunikatif dan mudah dilaksanakan.
(g) Alat dan bahan yang digunakan dalam penyelesaian tugas portofolio
tersedia di lingkungan peserta didik dan mudah diperoleh.
(2) Acuan Rubrik Penilaian Portofolio
Rubrik penilaian portofolio harus memenuhi kriteria berikut.
(a) Rubrik memuat indikator kunci dari kompetensi dasar yang akan dinilai
penacapaiannya dengan portofolio.
(b) Rubrik memuat aspek-aspek penilaian yang macamnya relevan dengan
isi tugas portofolio.
(c) Rubrik memuat kriteria kesempurnaan (tingkat, level) hasil tugas.
(d) Rubrik mudah untuk digunakan oleh guru dan peserta didik.
(e) Rubrik menggunakan bahasa yang lugas dan mudah dipahami.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar