Senin, 17 Desember 2012

Supervisi di Sekolah

Menurut Jamal Ma'mur, supervisi pendidikan betujuan menumbuhkan kesadaran dari dalam. Sehingga timbul keinginan untuk melakukan perbaikan demi perbaikan supaya pendidikan mengalami peningkatan kualitas, terhindar dari kemerosotan, keterbelakangan, dan kemunduran. supervisi juga bertujuan membangun kebersamaan dan kekompakan dalam melangkah sesuai target yang ditentukan.

Fungsi strategis dari supervisi mendorong supervisor, yaitu; kepala sekolah, penilik dan pengawas dengan otoritasnya masing-masing, untuk mengembangkan keahlian dan kompetensinya secara luas. Sehingga, mereka mampu melakukan supervisi secara efektif, produktif, dan kreatif. karena tidak mudah bagi para supervisor memberikan dorongan kepada para guru, terutama guru senior, yang kenyang dengan pengalaman dan memiliki jam terbang yang tinggi.

Supervisi perlu dilakukan dengan pendekatan psiko-persuasif dan gradual. kedekatan emosional terkadang lebih efektif dalam melakukan perubahan formal-prosedural. Ketelatenan, kesabaran dan kegigihan dalam melaksanakan supervisi sangat dibutuhkan karena perubahan tidak bisa dilakukan dengan cepat.

1 komentar:

Nana Masruri mengatakan...

What is the meaning of GRADUAL..?