Supervisi bertujuan membangkitkan potensi guru sebagai aktor utama pendidikan. Guru didorong untuk menjadi sosok yang kreatif, progresif, produktif, dan akuntabel. Namun tidak mudah mengajar guru kearah cita-cita ideal tersebut.
Banyak masalah yang dialami oleh guru sehingga menjadikannya pasif dalam mengembangkan pengetahuan dan tidak kreatif melahirkan karya, baik sosial maupun intelektual. Masalah-masalah yang dialami oleh guru inilah yang membutuhkan sentuhan tangan dingin supervisor secara efektif dan profesional.
Menurut Jamal Ma'mur Asmani, diantara problem guru yang sering dijumpai di sekolah adalah sebagai berikut ;
1. Kurang menguasai materi dan metodologi pembelajaran
2. Rendahnya disiplin
3. Miskin karya
4. Tidak memanfaatkan sumber pengetahuan dan informasi
5. Kurangnya kemampuan beradaptasi
6. Egoisme guru senior
7. Sulit diajak diskusi dan acara ilmiah lainnya
8. Tidak mempunyai ijasah sesuai bidangnya
9. Kurangnya kewibawaan
10. Sering menggunakan pendekatan kekerasan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar